Cara Membuat Aplikasi Android Sendiri

Sejak dikembangkan oleh Andy Rubin pada tahun 2003 silam, sistem operasi android terus merajai peranti mobile di dunia. Berdasarkan laporan ‘Global Stashot: Digital in Q3 2017’ seperti dilansir dari Kata data menyebutkan ada sekitar 72.9 persen pengguna perangkat mobile menggunakan android sebagai sistem informasinya. Tidak heran bila perusahaan maupun perseorangan banyak menggunakannya dalam membuat aplikasi. Lantas, bagaimana cara membuat aplikasi android sendiri dengan mudah? Kamu bisa simak ulasannya berikut ini.

Tentukan dahulu aplikasi apa yang akan dibuat

Sebelum membuat aplikasi android, kamu perlu menentukan dahulu untuk apa aplikasi tersebut dibuat. Semisalnya saja untuk perusahaan, situs jual-beli online dan sebagainya. Tujuan pembuatan aplikasi ini adalah untuk mendekatkan brand dengan konsumen adalah salah satunya. Kemudian untuk situs jual-beli online adalah memudahkan dalam transaksi dan sebagainya.
Dalam membuat aplikasi android beberapa yang perlu diperhatikan adalah kemudahan dalam penggunaan, tampilan yang menarik dan bisa digunakan dalam berbagai platform. Kamu juga harus menonjolkan pula apa kelebihan aplikasi androidmu dengan aplikasi lain yang sejenis.

Pilih perangkat lunak yang tepat

Langkah selanjutnya setelah kamu mempertimbangkan untuk apa aplikasi android tersebut adalah dengan memilih perangkat lunak aplikasi tersebut. Cara membuat aplikasi android terkadang dibutuhkan coding yang rumit. Namun, sekarang juga ada software khusus untuk membuat aplikasi android sendiri tanpa menggunakan coding yang rumit tersebut.
Software tersebut biasanya ada yang gratis maupun berbayar. Keunggulan bila kamu menggunakan software berbayar, keuntungannya akan lebih besar karena kamu bisa mendapatkan uang dari aplikasi ini. Beberapa contoh software yang bisa kamu pilih antara lain adalah ShoutEm, Appery, Mobile Roadie, The App Builder, dan AppMakr. Jangan lupa pula untuk memperhatikan fitur-fitur di dalam software tersebut untuk kebutuhan aplikasi androidmu.

Mulailah untuk merancang aplikasi

Cara membuat aplikasi android paling mudah biasanya dengan menggunakan software terbaik. Kita ambil contoh saja dari ShoutEm. Untuk masuk ke dalam software tersebut kamu perlu login dengan memasukkan alamat email dan password. Setelah masuk, kamu bisa pilih aplikasi apa yang ingin kamu buat contohnya aplikasi bisnis, musik, radio, dan sebagainya. Kemudian, kamu bisa pilih tema aplikasi apa yang menarik dan sesuai. Kamu juga bisa menambahkan foto atau gambar yang sesuai namun dengan ukuran yang cukup besar.
Berikutnya, kamu bisa tambahkan fungsi ataupun aktivitas dalam aplikasi tersebut. Fungsi ini akan muncul sebagai layar baru dalam aplikasi. Setelah itu sesuaikan tampilan dengan teks dan kontennya. Misalnya kamu akan menautkan blog dalam mengisi RSS dengan kiriman terbaru. Perhatikan pula tata letak untuk setiap fungsinya.
Keunggulan dari ShoutEm ini bisa kamu jadikan perantara bila kamu ingin mempublikasikan aplikasi android yang sudah kamu buat ke iPhone. Bila sudah disetujui, maka aplikasi kamu akan muncul di layanan AppStore bila sesuai dengan kebijakan dan peraturan yang dikeluarkan Apple. Sedangkan untuk GooglePlay sedikit lebih mudah.

Lakukan uji coba

Langkah akhir dari cara membuat aplikasi android adalah melakukan uji coba. Setelah kamu selesai membuat rancangan aplikasi android kamu, maka sebaiknya uji coba terlebih dahulu. Untuk itu kamu perlu mengunduh berkas APK tersebut ke perangkat dan lakukan setting. Tujuannya untuk mengetahui adanya bug atau tidak dalam aplikasi androidmu.
Dalam melakukan uji coba ini tidak cukup dilakukan dalam sekali dua kali. Kamu perlu melakukannya beberapa kali untuk benar-benar memastikan aplikasi android tersebut sudah layak untuk digunakan, Pastikan pula jika aplikasi androidmu memiliki tanda yang akurat. Mengapa demikian? Ini untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pencarian di mesin pencari.
Selain cara membuat aplikasi android di atas, faktor yang paling penting adalah perhatikan pula koneksi internet saat kamu membuat aplikasi tersebut. Maka dari itu, untuk menunjang kelancaran membuat aplikasi tersebut, juga diperlukan adanya penyedia jasa hosting internet terbaik. Bagaimana, sudah siapkah kamu untuk membuat aplikasi android sekarang?

Aplikasi yang digunakan untuk membuat Aplikasi Android

Android Studio adalah Lingkungan Pengembangan Terpadu – Integrated Development Environment (IDE) untuk pengembangan aplikasi Android, berdasarkan Intelli IDEA . Selain merupakan editor kode IntelliJ dan alat pengembang yang berdaya guna, Android Studio menawarkan fitur lebih banyak untuk meningkatkan produktivitas Anda saat membuat aplikasi Android, misalnya:

  • Sistem versi berbasis Gradle yang fleksibel
  • Emulator yang cepat dan kaya fitur
  • Lingkungan yang menyatu untuk pengembangan bagi semua perangkat Android
  • Instant Run untuk mendorong perubahan ke aplikasi yang berjalan tanpa membuat APK baru
  • Template kode dan integrasi GitHub untuk membuat fitur aplikasi yang sama dan mengimpor kode contoh
  • Alat pengujian dan kerangka kerja yang ekstensif
  • Alat Lint untuk meningkatkan kinerja, kegunaan, kompatibilitas versi, dan masalah-masalah lain
  • Dukungan C++ dan NDK
  • Dukungan bawaan untuk Google Cloud Platform, mempermudah pengintegrasian Google Cloud Messaging dan App Engine

Laman ini berisi pengantar dasar fitur-fitur Android Studio. Untuk memperoleh rangkuman perubahan terbaru, lihatCatatan Rilis Android Studio.

Bisa di unduh di link

Sumber https://developer.android.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *