Beralih ke Salt Nic?

Apakah anda sudah paham tentang Salt Nicotine / Salt Nic. Istilah Salt Nic memang sudah tak asing di kalangan para vapers. Karena Salt Nic ini akan menentukan rasa dan sensasi ketika kalian vaping. Jadi, apakah Salt Nic pada liquid itu? Berbicara soal Nicotine, Nicotine yang ada di daun tembakau alami sebenarnya mengandung salt (namun bukan dalam bentuk garam dapur). Jadi terlepas dari konsepsi umum, salt nicotine adalah bentuk alami dari nicotine.

Masalahnya adalah karena mengandung salt, nicotine jadi lebih sulit diserap tubuh. Ini berarti kalian harus mengonsumsi banyak tembakau untuk bisa merasakan efek nikotinnya. Salt Nicotine yang diproses dengan benzoic acid mampu memberikan tendangan nicotine yang lebih efektif dari nicotine freebase. Throat hit salt nicotine jauh lebih rendah dari freebase nicotine (dengan dosis yang setara). Satu kali hisap salt nicotine mampu diserap tubuh hampir 10x lebih banyak (dan cepat) dari  nicotine biasa.

Tapi semua ini berubah di tahun 1960 ketika perusahaan PHILLIP MORRIS (rokok Marlboro) menemukan cara untuk meningkatkan tendangan nikotin di rokok tanpa harus menambah jumlah tembakau. Caranya adalah dengan memproses tembakau dengan amonia.Menjadikan nicotine lebih nendang rasanya.

Proses dengan amonia adalah melepaskan muatan positif (yang didapat dari salt) yang ada di nikotin sehingga diserap tubuh lebih baik. Nicotine tipe ini sering kita sebut sebagai Freebase Nicotine.

Semua rokok pabrikan modern dan juga liquid vape menggunakan freebase nicotine karena lebih efektif (dan juga adiktif) dibanding nicotine alami.

PHILLIP MORRIS 2.0

Kalau salt membuat nicotine lebih sulit diserap mengapa sekarang mulai trending lagi?

Hal ini dipicu oleh PAX, perusahaan dibalik pod system bermerek Juul yang sangat terkenal itu. Mereka melakukan modifikasi terhadap salt nicotine seperti yang dilakukan Phillip Morris di tahun 1960.

Mereka memproses salt nicotine (nicotine alami) dengan benzoic acid, hasilnya adalah:

  • Nicotine dapat menguap dengan lebih efektif di suhu rendah dan mempunyai throat hit yang lebih halus.
  • Salt Nicotine menjadi lebih mudah diserap tubuh.

Tujuan utama PAX adalah menciptakan sensasi nicotine yang sangat mirip dengan rokok. Liquid biasa mempunyai tantangan ekstra karena mereka harus menaikkan kadar nicotine agar setara rokok, tapi ini juga menaikkan throat hitdan tidak semua vaper kuat dengan 6mg atau 9mg.

Salt nicotine dari Juul mampu diserap tubuh lebih banyak dari liquidbiasa, dan bahkan hampir mendekati rokok. Ini berarti kalian tidak perlu menghisap sebanyak liquid nicotine biasa untuk mendapatkan sensasi yang sama.

Sebagai kesimpulan:

  • Salt Nicotine yang diproses dengan benzoic acid mampu memberikan tendangan nicotine yang lebih efektif dari nicotine freebase.
  • Throat hit salt nicotine jauh lebih rendah dari freebase nicotine (dengan dosis yang setara).
  • Satu kali hisap salt nicotine mampu diserap tubuh hampir 10x lebih banyak (dan cepat) dari  nicotine biasa.

Umumnya salt nicotine terendah yang beredar di Indonesia adalah 25mg. Untuk ukuran ini saya bisa bilang throat hit memang minimal, sangat smooth dan tendangan nicotine lebih nendang dari liquid biasa. Tiga sampai lima puff saja sudah membuat kepala ringan di pagi hari.

Untuk salt nic 45-50mg, throat hitsebenarnya sudah terbilang galak, dada juga sering sesak (sulit bernapas) di puffpertama atau kedua. Tendangan nicotinesangatlah keras, sehingga kalian cukup melakukan puff 1-5 X untuk satu sesi saja.

Jadi jika kalian baca nicotine salt itu smooth dan lalu membeli yang 50mg maka ya kalian juga mungkin akan sulit bernapas seiring puff. Tapi lama-lama kalian akan dapat terbiasa dan nicotine salt 25mg akan terasa biasa saja.

MENGAPA SALT NIC MEMPUNYAI NICOTINE YANG TINGGI?

Alasan pertama adalah walaupun sudah mudah diserap tubuh (Benzoic Acid) namun tidak berarti sangat-sangat mudah. Nicotine tetap ditambahkan lebih untuk mengakomodasi penyerapan yang tidak 100% efektif.

Alasan kedua adalah karena desain industri. PAX (Perusahaan Juul) mungkin ingin menjual lebih dari sekedar liquid, jadi mereka juga merancang mod sendiri yang praktis dan mendapatkan keuntungan. Tidak semua orang ingin menenteng mod 3 baterai dengan lebih dari 15 setting bukan?

Mereka membuat device yang kecil tanpa setting sehingga mudah digunakan. Device kecil datang dengan baterai kecil dan daya yang kecil juga, sehingga penguapan nicotine menjadi tidak efektif karena tenaganya yang kecil, jadi kalau ingin terasa harus ditambahkan nicotine nya.

by ZIGGY ZURI VAPE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *